Pengertian BIOS

BIOS singkatan dari Basic Input Output System. Dalam BIOS terdapat ROM BIOS, atau Sistem BIOS adalah sebuah chip yang terletak disemua motherboard yang berisi petunjuk dan setup untuk mengatur bagaimana sistem (komputer) anda harus boot (memulai) dan bagaimana beroperasi. Pada gambar di bawah ini adalah contoh dari apa yang dimaksud chip BIOS. Mungkin terlihat seperti pada motherboard komputer Anda. Dalam contoh ini adalah gambar awal AMIBIOS, jenis BIOS yang diproduksi oleh AMI.
pengertian bios

Contoh lain yang sering terlihat yaitu dari produsen BIOS Phoenix.

BIOS berisi petunjuk tentang cara memuat perangkat keras komputer dasar dan termasuk tes disebut sebagai POST ( Power On Self Test) yang membantu memverifikasi komputer memenuhi persyaratan untuk boot dengan benar sesuai prosedur.



Bila komputer tidak lulus atau gagal melakukan POST, anda akan mendengar kombinasi suara "beep" berisi petunjuk apa yang rusak dalam komputer.

Empat fungsi utama dari BIOS PC

POST - Uji komputer hardware dan pastikan tidak ada kesalahan ada sebelum loading sistem operasinya. Informasi lainnya tentang POST dapat ditemukan di halaman Kode Bip.

Loader bootstrap - Menemukan sistem operasi. Jika sistem operasi telah ada dan tidak rusak, BIOS akan mudah menemukan itu.

Driver BIOS - driver rendah tingkat yang memberikan kontrol operasional dasar komputer melalui hardware komputer Anda.

BIOS atau CMOS Setup - Program Konfigurasi yang memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi pengaturan perangkat keras termasuk pengaturan sistem seperti password komputer, waktu, dan tanggal.